RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
Nama
Sekolah : Smp Negeri Prabumulih
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/
Semester : IX/Ganjil
Materi Pokok :
Persamaan Kuadrat
Alokasi
Waktu : 10 menit ( 1 Pertemuan)
B. Kompetensi Inti
KI.1
:Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
KI.2
:Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan nya
KI.3
:Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena kejadian tampak mata.
KI.4
:Mengolah dan menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, membuat) dan ranah abstrak (
menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalm sudut pandang / teori..
C. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompensi dasar
|
Indikator pencapaian
kompetensi
|
3.2 menjelaskan persamaan kuadrat dan
karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya sert penyelesaiannya.
|
3.2.1
mengetahui
bentuk umum dalam persamaan kuadrat.
3.2.4 menentukan akar persamaan kuadrat dengan
menggunakan rumus kuadratik (rumus abc).
|
D.
Tujuan
Pembelajaran
dengan
kegiatan diskusi dan kelompok dalam pembelajaran persamaan kuadrat ini
diharapkan siswa dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta siswa diharapkan dapat :
1.
Mengetahui
bentuk umum dalam persamaan kuadrat.
2.
Menentukan
akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus kuadratik (rumus abc).
E. Materi Pembelajaran
MATERI
PEMBELAJARAN
Persamaan Kuadrat
Persamaan
kuadrat adalah persamaan yang terdiri atas satu variabel dengan pangkat
tertinggi variabelnya dua dan koefisien variabel yang berpangkat dua tidak
boleh sama dengan nol. Bentuk umum persamaan kuadrat dalam x adalah :
dengan a ≠ 0 dan a,b,c ∈ R di mana R. a disebut koefisien x2,
b koefisien x, dan c disebut konstanta .
contoh bentuk persamaan kuadrat adalah sebagai berikut :
- 2x2 +
8x + 6 = 0, maka a = 2, b = 8, c = 6
- 3x2 + x – 10 = 0, maka a = 3, b = 1, c = -10
- 3x2 – 27 = 0, a = 3, b= 0, c = -27
- -x2 +x – 12
0, maka a = -1, b = 1, c = -12
Tidak semua persamaan kuadrat disajikan dalam bentuk umum,
namun dengan melakukan operasi aljabar tertentu kita dapat mengubahnya ke dalam
bentuk umum.
perhatikan contoh berikut agar kamu lebih memahaminya!
perhatikan contoh berikut agar kamu lebih memahaminya!
Contoh soal : 6
– 4x = 3(5x2 – 2x)
Jawab : 6
– 4x = 3(5x2 – 2x)
6-4x
= 15x2 - 6x
15x2
– 2x – 6 = 0
Menyelesaiakan
persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus kuadrat (abc)
Jika x1 dan x2 adalah akar-akar
persamaan kuadrat ax2 + bx +c = 0, dengan a ≠ 0.
Maka nilai x1 dan
x2 dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut.
Contoh : 2x2 – 5x – 3 = 0
Jawab
:
F. Metode Pembelajaran
1. Metode : Diskusi, tanya-jawab.
2. Model
Pembelajaran : Cooperative
Learning
.
G. Media dan Alat Pembelajaran
1. Media/Alat
· Papan
Tulis
· Laptop
· Lcd
· Power point
· Lks
H.
Sumber Belajar
1.
Marwanta dkk.2013
Matematika SMA kelas x. Jakarta: Yudhistira.
2.
Subchan dkk. 2018. Buku Guru Matematika. Jakarta. Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitang, Kemendikbud.
- Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Langkah-langkah
pembelajaaran dengan pendekatan CTL
|
Aktivitas
|
Alokasi
waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
1.
.
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
· Berdoa terlebih
dahulu sebelum memulai pelajaran.
· Mengabsensi
siswa dan menanyakan kabar siswa.
· Mengingatkan
kembali materi sebelumnya yaitu persamaan kuadrat.
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa untuk belajar.
|
· Merespon
apersepsi dari guru.
|
2
menit
|
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
|
· menjelaskan
cara mencari akar persamaan dengan menggunakan rumus kuadrat (abc).
|
· memahami
cara mencari akar persamaan dengan menggunakan rumus kuadrat (abc)..
|
2
menit
|
Bertanya
|
· Memberikan
kesempatan bertanya kepada siswa
tentang hal-hal yang belum dipahami
· Memberikan
motivasi kepada siswa dan dibantu oleh guru jika mengalami kesulitan
|
· Menanyakan
tentang hal-hal yang belum dipahami dalam materi.
· Diberikan
kesempatan untuk menjawab pertanyaan siswa yang bertanya kepada siswa lain.
|
1
menit
|
|
|
|
|||
Mengumpulkan
data
|
· Membagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari
3 orang ( masyarakat belajar).
· Memberikan LKS
kepada kelompok masing-masing.
|
· Berdiskusi
dengan anggota kelompoknya menyelesaikan LKS.
|
1
menit
|
|
Mengasosiasi
|
· Meminta salah
satu perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di
depan kelas.
· Mempersilahkan
kelompok yang lain menanggapi untuk memberikan komentar/pendapat
|
· Perwakilan
kelompok mempersentasikan hasil diskusi.
· Yang lain
memperhatikan kelompok persentasi.
· Kelompok yang
lain menanggapi atau memberikan komentar dan pendapat terhadap kelompok yang
maju.
|
2
menit
|
|
Mengkomunikasi
|
· Mempersilahkan
kepada kelompok yang lain untuk maju kedepan jika jawaban berbeda.
· Meluruskan
beberapa jawaban siswa yang kurang tepat.
|
· Menuliskan
jawaban kelompoknya didepan kelas.
· Membahas soal
secara bersama-sama
Bertanya
jika belum mengerti dalam mengerjakan soal.
|
|
|
3.
|
Penutup
|
· memberi
penguatan tentang materi yang telah dipelajari
· memberikan kesimpulan
pembelajaran
· memberikan tugas
mandiri untuk peserta didik
· menyampaikan
materi pertemuan selanjutnya
· mengakhiri
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
· mencatat tugas
yang diberikan guru
· menjawab salam
guru.
|
2
menit
|
J. Penilaian Hasil Belajar
·
Teknik Penilaian : pengamatan tes tertulis.
·
Bentuk Instrumen : Uraian singkat.
Instrumen
:
- x2 + 3x – 4= 0
- 4x2 – 12x + 9 = 0
Penyelesaian
:
Kepala Sekolah SMP N
Prabumulih
Yuliana Desmawati M.Pd
NIP : 1976107524679001
|
Prabumulih, Maret 2019
Guru Mata Pelajaran
Monica Apriliana
2016 121 054
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar