Pengertian Microsoft Excel 2013
Pengertian Microsoft excel adalah program aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang didistribusikan oleh microsoft untuk sistem operasi
windows dan IOS yang berfungsi untuk mengolah data angka. Microsoft
excel mempunyai lebih dari 1000 features dan 100 lebih menu yang dapat
kita gunakan untuk mengolah data. agar kita mudah bernavigasi dan
familiar dengan tools di excel kita akan berkenalan dengan antarmuka
excel terlebih dahulu. tampilan microsoft excel di bawah ini adalah
tampilan excel versi 2013 yang akan kita gunakan sebagai media belajar
di latihanexcel.com.
Mengenal Bagian-bagian Microsoft Excel
Pada tampilan program excel diatas ada beberapa area yang harus
dipahami pengguna excel pemula, agar mengetahui fungsi dan kegunaannya.
elemen-elemen dasar pada micrososft excel adalah sebagai berikut:
Area ini adalah untuk menampilkan shortut cara cepat untuk
menggunakan tool yang sering digunakan, secara default ada tiga tools
yaitu save, undo, redo. nantinya kita dapat menambahkan beberapa tools
contohnya insert function, macros, Filter dan lainya sesuai dengan
kebutuhan kita
Ribbon pertama kali diperkenalkan pada Office 2007, fungsinya adalah
untuk mengelompokan tools kedalam sebuah menu. dengan tujuan user lebih
intuitif dalam menggunakan tool pada excel. sebagai contoh tools yang
berkaitan dengan pegolahan data akan di simpan pada tab data, tools yang
berkaitan dengan formula akan disimpan pada tab formulas.
Berfungsi untuk menampilkan, mengedit, menghapus formula (rumus) yang kita tuliskan dalam cell.
Area ini adalah lembar kerja utama excel tempat dimana kita dapat
menambahkan angka, grafik/chart. area berisi kolom dan baris yang
digunakankan sebagai pengalamatan cell, untuk kolom menggunakan huruf
dari A-Z untuk baris menggunakan angka. jumlah kolom dan baris pada area
ini adalah 1048576 Baris dan 16384 kolom. dengan jumlah kolom dan
baris yang banyak ini excel mampu menampung data besar untuk di olah
dengan berbagai tools excel dalam dunia Businness Inteligent.
Secara default dalam satu lembar kerja excel ada tiga worksheet yang
dapat digunakan untuk mengolah data. dengan nama default sheet1,
sheets2, sheet3. maksimum halaman yang bisa kita tambahkan adalah 255
halaman. kita dapat menambahkan menghapus sesuai kebutuhan.
Status bar
Adalah bar horizontal yan berfungsi untuk menampilkan informasi
status data excel. status bar juga menampilkan quick summary dari data
yang kita seleksi (sum, average, min, max, Count). Pada samping kanan
bawah juga terdapat Slider zoom in dan zoom out untuk mengatur besar
kecilnya tampilan halaman kerja excel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar