Jumat, 24 Mei 2019

Pengenalan dan Pengertian Microsoft Excel

Pengertian Microsoft Excel 2013

Pengertian Microsoft excel adalah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang didistribusikan oleh microsoft untuk sistem operasi windows dan IOS yang berfungsi  untuk mengolah data angka. Microsoft excel mempunyai lebih dari 1000 features dan 100 lebih menu yang dapat kita gunakan untuk mengolah data. agar kita mudah bernavigasi dan familiar dengan tools di excel kita akan berkenalan dengan antarmuka excel terlebih dahulu. tampilan microsoft excel di bawah ini adalah tampilan excel versi 2013 yang akan kita gunakan sebagai media belajar di latihanexcel.com.

Mengenal Bagian-bagian Microsoft Excel


Excel interface
Pada tampilan program excel diatas ada beberapa area yang harus dipahami pengguna excel pemula, agar mengetahui fungsi dan kegunaannya. elemen-elemen dasar pada micrososft excel adalah sebagai berikut:

Quick Access toolbar

Area ini adalah untuk menampilkan shortut cara cepat untuk menggunakan tool yang sering digunakan, secara default ada tiga tools yaitu save, undo, redo. nantinya kita dapat menambahkan beberapa tools contohnya insert function, macros, Filter dan lainya sesuai dengan kebutuhan kita

Ribbon

Ribbon pertama kali diperkenalkan pada Office 2007, fungsinya adalah untuk mengelompokan tools kedalam sebuah menu. dengan tujuan user lebih intuitif dalam menggunakan tool pada excel. sebagai contoh tools yang berkaitan dengan pegolahan data akan di simpan pada tab data, tools yang berkaitan dengan formula akan disimpan pada tab formulas.

Formula bar

Berfungsi untuk menampilkan, mengedit, menghapus formula (rumus) yang kita tuliskan dalam cell.

Spreadsheet grid

Area ini adalah lembar kerja utama excel tempat dimana kita dapat menambahkan angka, grafik/chart. area berisi kolom dan baris yang digunakankan sebagai pengalamatan cell, untuk kolom menggunakan huruf dari A-Z untuk baris menggunakan angka. jumlah kolom dan baris pada area ini adalah   1048576 Baris dan 16384 kolom. dengan jumlah kolom dan baris yang banyak ini excel mampu menampung data besar untuk di olah dengan berbagai tools excel dalam dunia Businness Inteligent.

Worksheet

Secara default dalam satu lembar kerja excel ada tiga worksheet yang dapat digunakan untuk mengolah data. dengan nama default sheet1, sheets2, sheet3. maksimum halaman yang bisa kita tambahkan adalah 255 halaman. kita dapat menambahkan menghapus sesuai kebutuhan.

Status bar

Adalah bar horizontal yan berfungsi untuk menampilkan informasi status data excel. status bar juga menampilkan quick summary dari data yang kita seleksi (sum, average, min, max, Count). Pada samping kanan bawah juga terdapat Slider zoom in dan zoom out untuk mengatur besar kecilnya tampilan halaman kerja excel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar